PERULANGAN
A. Do…Loop
Gunakan Do Loop untuk mengeksekusi suatu blok statement
dengan jumlah perulangan yang tak terhingga, ada beberapa Do...Loop statement,
tetapi masing-masing mengevaluasi suatu kondisi untuk menentukan apakah melanjutkan eksekusi Berikut ini adalah statement Do Loop, yang dijalankan selama kondisi benar:
tetapi masing-masing mengevaluasi suatu kondisi untuk menentukan apakah melanjutkan eksekusi Berikut ini adalah statement Do Loop, yang dijalankan selama kondisi benar:
Ketika Visual menjalankan Do Loop ini, pertama kali akan di
coba kondisinya, jika kondisi False (zero), akan diloncati semua statement yang
mengikuti kondisi tersebut. Visual Basic akan menjalankan statement jika
kondisi benar dan kembali ke Do…Loop berikutnya.
mengikuti kondisi tersebut. Visual Basic akan menjalankan statement jika
kondisi benar dan kembali ke Do…Loop berikutnya.
Function
Faktorial (x)
Dim Hasil
As Double
Dim Count
As Long
Hasil = 1
count = 2
Do While
Count <= x
Hasil =
Hasil * count
count =
count + 1
Loop
Faktorial = count
Faktorial = count
End
Function
Variasi lain dari statement Do…Loop, yang menjamin minimal satu
kali statement dijalankan:
kali statement dijalankan:
Dua
variasi yang analog dengan dua contoh sebelumnya adalah
perulangan minimal satu kali. Dan berikut ini adalah berulang atau tidak
sama sekali.
perulangan minimal satu kali. Dan berikut ini adalah berulang atau tidak
sama sekali.
B. For…Next
Do Loop bekerja dengan
baik, ketika anda tidak tahu berapa banyak
kali untuk butuhkan untuk menjalankan statement. Ketika anda mengetahui
harus menjalankan statement sejumlah kali, bagaimanapun For…Next
adalah pilihan yang lebih baik. Tidak seperti Do Loop, For…Next
menggunakan suatu variabel yang disebut counter yang mana akan
bertambah atau berkurang pada setiap perulangan. Syntaxnya adalah
Keterangan:
kali untuk butuhkan untuk menjalankan statement. Ketika anda mengetahui
harus menjalankan statement sejumlah kali, bagaimanapun For…Next
adalah pilihan yang lebih baik. Tidak seperti Do Loop, For…Next
menggunakan suatu variabel yang disebut counter yang mana akan
bertambah atau berkurang pada setiap perulangan. Syntaxnya adalah
Keterangan:
Pencacah: Variabel (tipe: integer) yang digunakan untuk menyimpan
angka
pengulangan.
Awal: Nilai awal dari pencacah
pengulangan.
Awal: Nilai awal dari pencacah
Akhir: nilai akhir dari
pencacah.
Langkah: perubahan nilai
pencacah setiap pengulangan. Sifatnya optional ( boleh ditulis ataupun tidak ).
Bila tidak ditulis langkahnya adalah 1.
C. While .. Wend
While- wend digunakan untuk
mengeksekusi suatu blok statement dengan jumlah perulangan yang tak terhingga.
Berikut ini adalah statement
While –Wend, yang dijalankan selama kondisi benar :
While –Wend, yang dijalankan selama kondisi benar :
WHILE
<Kondisi>
<Statements/Blok
Kode Program>
WEND
Jika
kondisi FALSE (Zero), maka semua <Ststements/blok kode
program> yang mengikitu kondisi akan diloncati. Program akan menjalankan
<Ststements/blok kode program> jika kondisi benar, dan akan kembali ke
WHILE berikutnya.
program> yang mengikitu kondisi akan diloncati. Program akan menjalankan
<Ststements/blok kode program> jika kondisi benar, dan akan kembali ke
WHILE berikutnya.
Praktikum I (Form
Perulangan Teks)
Berikut adalah langkah-langkah
membuat form perulangan teks:
1.
Pertama buka aplikasi Visual Studio, kemudian
buat project baru dengan cara: File, New,
Project.
2.
Setelah itu buat nama project sesuai dengan
keinginan masing-masing. Kemudian Ok.
3.
Setelah membuat New Project, maka akan tampil
sebuah form seperti gambar dibawah ini.
4.
Selanjutnya adalah kita buat komponen apa saja
yang ada didalam form order makanan tersebut. Misalnya seperti gambar di bawah
ini. Terdapat 2 label yaitu label untuk “Tulisan teks dan Jumlah Perulangan”.
Tambahkan juga 3 button yaitu untuk “Proses, Clear, dan Keluar”. Kemudian buat
Listbox untuk menampilkan hasil dari perulangan teks.
5.
Setelah itu ganti properties dari textbox dan
button, sesuai dengan keinginan masing-masing.
6.
Sisipkan kode berikut jika sudah selesai
mengubah properties dari masing-masing texboxt maupun button.
7.
Setelah itu sisipkan kode berikut untuk button
“Proses”. Dimana didalamnya terdapat perulangan.
8.
Berikut adalah kode untuk button “Clear”.
9.
Berikut adalah kode untuk button “Keluar”.
10. Jika
sudah selesai menyisipkan semua kode program, kemudian jalankan program
tersebut dengan cara menekan tombol “F5” atau start.
11. Berikut
adalah hasil tampilan form perulangan teks.
Praktikum II (Form Perulangan2)
Berikut adalah langkah-langkah membuat form perulangan2.
1.
Pertama buka aplikasi Visual Studio, kemudian
buat project baru dengan cara: File, New,
Project.
2.
Setelah itu buat nama project sesuai dengan
keinginan masing-masing. Kemudian Ok.
3.
Setelah membuat New Project, maka akan tampil
sebuah form seperti gambar dibawah ini.
4.
Selanjutnya adalah kita buat komponen apa saja
yang ada didalam form perulangan2. Terdapat 3 button yaitu “For Next, Do While,
dan Do Until”, kemudian tambahkan 1 listbox untuk menampilkan hasil perulangan.
5.
Setelah itu ganti properties dari textbox dan
button, sesuai dengan keinginan masing-masing. Misalnya pada button For Next
valuenya diubah menjadi btn_next, lalu button Do While diubah menjadi
"btn_while", dan button Do Until diubah menjadi "btn_until".
6.
Kemudian sisipkan kode program berikut pada
button Do Until.
7.
Setelah itu pada button For Next, sisipkan kode
programnya.
8.
Berikut adalah kode program untuk button Do
While.
9.
Jika sudah selesai menyisipkan semua kode
program dari semua button, maka jalankan program dengan cara menakan tombol
“F5” atau start.
10.
Berikut adalah hasil tampilan form perulangan2.
Sumber Pustaka:
http://lisetyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/47887/TIPE+DATA%2C+VARIABEL+DAN+KONSTANTA%2C+OPERATOR+DAN+KONTROL+PROGRAM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar