Minggu, 15 September 2019

Pemrograman Visual 3A


PENGENALAN VISUAL BASIC




A.  Visual Basic
Visual Basic Net 2008 adalah salah satu program berorientasi objek, selain itu ada pula program Java dan C++ yang juga berbasis objek.  Program Visual Basic Net 2008 adalah produksi Microsoft Corp. Program ini biasanya dipaket bersama-sama dengan Visual C# 2008 dan Visual C++2008 dalam paket Visual Studio 2008. Bahasa Visual Basic telah digunakan secara luas karena kemudahan penggunaannya bagi orang awam danpenulisan kode di dalamnya tidak terlalu rumit dibandingkan bahasa C,Delphi, dan Java. Visual Basic Net 2008 (disingkat VBNet 2008) menawarkan banyak kemudahan dibandingkan versi-versi sebelumnya, antara lain teknik pemrog-raman dapat dibuat lebih terstruktur dan lebih banyak bantuan dalam pemprograman. Jauh lebih mudah untuk menguasainya dibandingkan dengan versinya yang terdahulu, yaitu Visual Basic 6 (disingkat VB6). Ada banyak perubahan dalam VBNet 2008 ini dibandingkan VB6, antara lain:
      a.     Bahasa pemrograman sekarang benar-benar Bahasa berbasis objek (Object Oriented Programming), sedangkan VB6 bukan Bahasa berbasis objek.
       b.      Aplikasi dan komponen yang ditulis di VBNet 2008 mempunyai akses penuh ke Net Framework, sedangkan di VB6 tidak dikenal atu tidak digunakan Net Framework.
          c.       Semua aplikasi yang dibuat beroperasi dalam manajemen Common Language Runtime (CLR).

B.  Sejarah
Sejarah Visual Basic diawali dari pengembangan bahasa BASIC (Beginners All-Purpose Symbolic Instruction Code) di Dartmount College, Amerika Serikat pada awal tahun 1960. Sejak semula Basic dirancang untuk mudah dipelajari. Pada awal tahun 1975 muncull komputer pribadi (Personal Computer / PC) pertama, bermerek MITS Altair. Namun karena hanya memiliki RAM 4 KB, satu-satunya bahasa yang bisa digunakan untuk pemrograman adalah Assembly, bahasa ini sangat sulit untuk dipahami karena perintahnya mendekati bahasa mesin. Tentu hal ini sangat menghambat perkembangan komputer pribadi. Bill Gate dan Paul Allen melihat potensi yang sangat besar pada komputer pribadi dimasa depan. Keduanya menciptakan BASIC untuk Altair. Ternyata sambutan masyarakat sangat baik dan akhirnya keduanya mendirikan perusahaan sendiri yang bergerak dibidang software yang bernama Microsoft. Pada tahun 1982 IBM/PC diperkenalkan kepada masyarakat, Microsoft pun membuat sistem operasi MS-DOS untuk komputer ini. Dimana didalamnya disertakan pula bahasa Basic yang dikenal sebagai Quick Basic (QBASIC). Zamanpun berganti, pada tahun 1990 era DOS berlalu dan digantikan oleh era Windows. Dari perkembangan ini akhirnya Microsoft membuat Basic versi Windows, bahasa pemrograman Basic ini dikenal dengan nama Visual Basic. Versi terakhirnya adalah MS Visual Basic 6.0 for Windows 98.

C.  Integrated Development Environment
Integrated Development Environment (IDE) merupakan Bidang/Lingkungan kerja dari Visual Basic. VB mempunyai beberapa komponen yang sangat mendukung di dalam mendesign suatu program. Adapun komponen tersebut yaitu:
         a)      Baris menu
         b)      Toolbar
         c)      Form
         d)      ToolBox
         e)      Window Form Layout
         f)       Window Property
        g)      Project Explorer
        h)      Code Window

    

       Praktikum I (Form Percobaan)

      Berikut adalah langkah-langkah pembuatan form percobaan.
1.      Pertama buka aplikasi Visual Studio, kemudian buat project baru dengan cara File a New a Project.

2.      Setelah itu buat nama project sesuai dengan keinginan masing-masing. Kemudian Ok.

3.      Setelah membuat New Project, maka akan tampil sebuah form seperti gambar dibawah ini.

4.      Selanjutnya adalah kita buat komponen apa saja yang ada didalam form. Misalnya seperti gambar di bawah ini. Terdapat 3 label yaitu “Nama, Jenis Kelamin, dan Fakultas”, kemudian 1 textbox disebelah label Nama, dan 2 combobox untuk Jenis kelamin dan fakultas.selanjutnya adalah tambahkan 1 button untuk “Tampilkan”.

5.      Setelah itu ganti properties dari textbox, combobox dan button, yaitu ubah value textbox nama menjadi “tb_nama”, value combobox jenis kelamin menjadi “tb_jeniskelamin”, dan value combobox fakultas menjadi “tb_fakultas”. Bisa juga ubah nama value sesuai dengan keinginan masing-masing.
6.      Kemudian kita atur combobox untuk jenis kelamin datanya apa saja. Caranya adalah dengan cara klik combobox dari Jenis Kelamin kemudian ke properties à Collection, dan isikan pilihan datanya yaitu “Laki-laki dan Perempuan”, seperti gambar dibawah ini. Lalu klik OK.

7.      Selanjutnya adalah kita atur untuk combobox dari fakultas. Caranya sama seperti sebelumnya, propertiesàCollection, kemudian isi pilihan datanya, yaitu “Teknik Informatika, Teknik Industri Pertanian, Akuntansi dan Mesin Otomotif” seperti gambar dibawah ini. Lalu klik OK.

 8.      Setelah itu klik 2x pada button “Tampilkan”, lalu sisipkan kode berikut.

9.      Jika sudah selesai menyisipkan kode diatas, selanjutnya adalah jalankan program tadi dengan cara menakan tombol “F5”.
10.  Berikut adalah hasil tampilan dari form percobaan.

11.  Jika berhasil maka akan menampilkan pesan dari data yang sudah di inputkan tadi.




Sumber Pustaka:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TB Keamanan Jaringan

SQL INJECTION A.   Pengertian SQL injection atau biasa yang dikenal dengan sebutan SQLi adalah suatu teknik penyerangan web dengan m...