Rabu, 28 November 2018

TI Politala | Konsep Teknologi Informasi 1C


KOMPUTER DAN PENDIDIKAN, PEMERINTAH, INDUSTRI DAN SENI


A. Komputer Dalam Pendidikan
            Komputer merupakan suatu alat elektronik yang kompleks dan mempunyai banyak kelebihan. Komputer didapati sesuai untuk dijadikan alat untuk membantu guru atau dosen dalam proses pengajaran, serta membantu pelajar mengerjakan tugas, karena komputer berkemampuan untuk menerima dan memproses data dan lain-lain.
Peranan komputer dibidang pendidikan diantaranya sebagai berikut :
1.    Sebagai alat presentasi
Dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
2.    Sebagai pengganti mesin ketik
Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis dibuku. Namun, disekitar akhir tahun Sembilan puluhan sampai sekarang posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
3.    Sebagai alat hitung
Didalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka-angka. Banyak sekali angkuntan yang menggunakan Microsoft excel dalam menghitung baik jumlalh, rata-rata dan juga pembagian.
4.    Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas
Internet adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara satu dengan yang lain. Banyak yang digunakn sebagai server, dan saat ini server terbaik di pegang oleh pihak google yang juga website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya. Setelah media yang bermanfaat terupload di server, baik itu dalam bentuk pdf, html, dan juga doc, dapat di akses  oleh semua orang di dunia selama server tetap menyala.
Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut :

1.    Pusat kegiatan siswa : sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya. 
2. Interaksi dalam grup : Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
3.  Sistem administrasi mahasiswa : dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya. 
4.    Pendalaman materi dan ujian : Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based distance learning
5.  Perpustakaan digital : Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database. 
6.    Materi online diluar materi kuliah : Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada mahasiswa lainnya melalui web.

B. Komputer Dalam Pemerintah
E-Government merupakan kependekan dari elektronik pemerintah. E-government adalah suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan sistem manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. E-government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi public, untuk mengingkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan public atau proses kepemerintahan yang dekomratis.
Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government). 
Manfaat e-government yang dapat dirasakan antara lain: 
a)    Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke kantor pemerintahan.
b)    Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat umum. Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan kekesalan dari semua pihak. 
c)  Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
d)     Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Bagi Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab, koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa kesemuanya harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.

 C. Komputer Dalam Industri dan Manufaktur
Di bidang industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan pewarnaan, membuat border dan sebagainya.
Selain itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer.

D. Komputer Dalam Seni
Pada masa awal dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaannya. Seiring perkembangannya, komputer saat ini sudah dapat melakukan banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang seni. Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
1.    Seni gambar
Dalam seni gambar, teknologi yang sering digunakan dalam mengedit hasil dari pemotretan sehingga bisa menghasilkan gambar yang maksimal. Untuk hal ini, diperlukan komputer dengan program (photoshopcoreldraw, dan lain-lain) yang berfungsi sebagai media editing dalam komputer.
2.    Seni music
Pada seni musik, untuk membuat sebuah hasil rekaman yang sempurna, sebuah studio rekaman biasanya menyiapkan komputer untuk mengatur tempo,irama.
3.    Seni film
Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

Video Terkait :


SUMBER :

https://arispermana.wordpress.com/2009/12/24/teknologi-informasi-pada-bidang-pendidikan-pemerintahan-perbankan-dan-keuangan/

https://aulia267.wordpress.com/2013/06/10/teknologi-komputer-dalam-berbagai-bidang/
https://dharmapranata.wordpress.com/2014/06/25/komputer-dalam-pemerintahan/
https://ilearning.me/2017/03/20/peranan-komputer-dalam-bidang-pendidikan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TB Keamanan Jaringan

SQL INJECTION A.   Pengertian SQL injection atau biasa yang dikenal dengan sebutan SQLi adalah suatu teknik penyerangan web dengan m...