KOMPUTER DAN PENDIDIKAN, PEMERINTAH,
INDUSTRI DAN SENI
A. Komputer Dalam Pendidikan
Komputer merupakan suatu alat elektronik yang kompleks dan mempunyai banyak kelebihan. Komputer didapati sesuai untuk dijadikan alat untuk membantu guru atau dosen dalam proses pengajaran, serta membantu pelajar mengerjakan tugas, karena komputer berkemampuan untuk menerima dan memproses data dan lain-lain.
Peranan komputer dibidang pendidikan diantaranya sebagai berikut :
Komputer merupakan suatu alat elektronik yang kompleks dan mempunyai banyak kelebihan. Komputer didapati sesuai untuk dijadikan alat untuk membantu guru atau dosen dalam proses pengajaran, serta membantu pelajar mengerjakan tugas, karena komputer berkemampuan untuk menerima dan memproses data dan lain-lain.
Peranan komputer dibidang pendidikan diantaranya sebagai berikut :
1.
Sebagai alat
presentasi
Dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing
dapat digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan,
biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga mahasiswa yang
mempresentasikan hasil penelitian mereka.
2.
Sebagai pengganti
mesin ketik
Sekitar tahun delapan puluhan sampai dengan tahun
sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis laporan
ataupun menulis dibuku. Namun, disekitar akhir tahun Sembilan puluhan sampai
sekarang posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan
lebih efektif.
3.
Sebagai alat
hitung
Didalam
komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka-angka. Banyak sekali
angkuntan yang menggunakan Microsoft excel dalam menghitung baik jumlalh,
rata-rata dan juga pembagian.
4.
Sebagai media
komunikasi dengan masyarakat luas
Internet
adalah satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung
antara satu dengan yang lain. Banyak yang digunakn sebagai server, dan saat ini
server terbaik di pegang oleh pihak google yang juga website nomor satu di
dunia dengan fasilitas mesin pencarinya. Setelah media yang bermanfaat
terupload di server, baik itu dalam bentuk pdf, html, dan juga doc, dapat di
akses oleh semua orang di dunia selama
server tetap menyala.
Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut :
Suatu pendidikan jarak jauh berbasis web antara lain harus memiliki unsur sebagai berikut :
1. Pusat
kegiatan siswa : sebagai suatu community web based distance learning harus
mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa
dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan
sebagainya.
2. Interaksi
dalam grup : Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk
mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini
untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.
3. Sistem
administrasi mahasiswa : dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai
status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.
4. Pendalaman
materi dan ujian : Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang
bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada
akhir masa belajar. Hal ini juga harus dapat diantisipasi oleh web based
distance learning
5. Perpustakaan
digital : Pada bagian ini, terdapat berbagai informasi kepustakaan, tidak
terbatas pada buku tapi juga pada kepustakaan digital seperti suara, gambar dan
sebagainya. Bagian ini bersifat sebagai penunjang dan berbentuk database.
6. Materi online diluar
materi kuliah : Untuk menunjang perkuliahan, diperlukan juga bahan bacaan
dari web lainnya. Karenanya pada bagian ini, dosen dan siswa dapat
langsung terlibat untuk memberikan bahan lainnya untuk di publikasikan kepada
mahasiswa lainnya melalui web.
B. Komputer Dalam Pemerintah
E-Government merupakan kependekan dari elektronik pemerintah.
E-government adalah suatu upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan
kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan sistem manajemen dan
proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan
teknologi informasi dan komunikasi. E-government dapat diaplikasikan pada
legislatif, yudikatif, atau administrasi public, untuk mengingkatkan efisiensi
internal, menyampaikan pelayanan public atau proses kepemerintahan yang
dekomratis.
Pada intinya e-government adalah
penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah
dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan
hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to
Business), dan G2G (Government to Government).
Manfaat e-government yang
dapat dirasakan antara lain:
a)
Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat
disediakan 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya
kantor. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik
datang ke kantor pemerintahan.
b)
Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan
masyarakat umum. Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan
antara berbagai pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling
curiga dan kekesalan dari semua pihak.
c) Pemberdayaan
masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya informasi yang
mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan pilihannya. Sebagai
contoh, data-data tentang sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid, passing
grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang
tua untuk memilihkan sekolah yang pas untuk anaknya.
d)
Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien. Sebagai contoh, koordinasi
pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail atau bahkan video conference. Bagi
Indonesia yang luas areanya sangat besar, hal ini sangat membantu. Tanya jawab,
koordinasi, diskusi antara pimpinan daerah dapat dilakukan tanpa kesemuanya
harus berada pada lokasi fisik yang sama. Tidak lagi semua harus terbang ke
Jakarta untuk pertemuan yang hanya berlangsung satu atau dua jam saja.
C. Komputer Dalam Industri dan Manufaktur
Di bidang
industri, komputer telah dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin produksi
dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau
perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture), CAD (Computer Aided Design),
yaitu untuk merancang bentuk (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada
sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal
sehingga dapat kita jumpai berbagai produk industri logam yang bervariasi dan
kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin
dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya melakukan
pewarnaan, membuat border dan sebagainya.
Selain itu
industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis melakukan
kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dikontrol oleh komputer yang
tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya tangan robot dikontrol oleh komputer
digunakan untuk memasang komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard
komputer.
D. Komputer Dalam Seni
Pada masa awal
dibuatnya komputer diharapkan dapat membantu manusia untuk melakukan
pekerjaannya. Seiring perkembangannya, komputer saat ini sudah dapat melakukan
banyak hal dalam membantu pekerjaan manusia di banyak bidang termasuk bidang
seni. Seni sendiri terbagi atas beberapa jenis seni antara lain:
1. Seni
gambar
Dalam seni gambar,
teknologi yang sering digunakan dalam mengedit hasil dari pemotretan sehingga
bisa menghasilkan gambar yang maksimal. Untuk hal ini, diperlukan komputer
dengan program (photoshop, coreldraw, dan lain-lain) yang berfungsi
sebagai media editing dalam komputer.
2. Seni
music
Pada seni musik,
untuk membuat sebuah hasil rekaman yang sempurna, sebuah studio rekaman
biasanya menyiapkan komputer untuk mengatur tempo,irama.
3. Seni
film
Animasi, atau
lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang
merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang
bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi
menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak
bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2
dimensi.
Video Terkait :
SUMBER :
https://arispermana.wordpress.com/2009/12/24/teknologi-informasi-pada-bidang-pendidikan-pemerintahan-perbankan-dan-keuangan/
https://aulia267.wordpress.com/2013/06/10/teknologi-komputer-dalam-berbagai-bidang/
https://dharmapranata.wordpress.com/2014/06/25/komputer-dalam-pemerintahan/
https://ilearning.me/2017/03/20/peranan-komputer-dalam-bidang-pendidikan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar