Selasa, 12 Mei 2020

Kemanan Jaringan


PENGANTAR KEAMANAN JARINGAN


A.    Apa Itu Keamanan Jaringan?
Yaitu proses mencegah dan mengidentifikasi pengguna yang tidak sah dari computer yang bermaksud untuk mengakses setiap bagian dari sistem jaringan tersebut.

B.     Tujuan Dari Kemanan Jaringan?
Tujuannya adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan computer berupa bentuk ancaman fisik (pengguna bermaksud merusak bagian fisik computer) maupun logic (ancaman berupa pencurian data atau pembobolan akun seseorang).

C.    Apa Saja Jenis Keamanan  Jaringan?
  1. Autentifikasi à proses pengenalan peralatan, SO, Aplikasi dan identitas user yang terhubung dengan jaringan computer.
  2. Enkripsi à Teknik pengkodean data yang berguna untuk menjaga data maupun file.
  3. Virtual Private Network (VPN) à jaringan komunikasi local yang terhubung melalui media jaringan yang berfungsi untuk memperoleh komunikasi yang aman melalui internet.
D.  Klasifikasi Serangan Computer
  1. Keamanan Fisik (Physical Security) à  Seluruh keamanan meliputi seluruh sistem berserta peralatan, peripheral dan media yang digunakan.
  2. Keamanan Data Dan Media à Dimana penyerang akan memanfaatkan kelemahan yang ada pada software yang digunakan untuk mengolah data.
  3. Keamanan Dari Pihak Luar à Memanfaatkan faktor kelemahan maupun kecerobohan dari orang yang berpengaruh.
  4. Keamanan Dalam Operasi à Prosedur untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem keamanan pasca serangan. 
E. Kesimpulan
Untuk meningkatkan keamanan jaringan internet dapat menggunakan beberapa metode seperti metode autentifikasi, metode enkripsi deskripsi, dan dapat juga menggunakan firewall. Selain teknologi yang berguna untuk menjaga keamanan jaringan internet, faktor orang dalam hal ini pengguna jaringan internet juga harus mempunyai etika dalam menggunakan internet yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TB Keamanan Jaringan

SQL INJECTION A.   Pengertian SQL injection atau biasa yang dikenal dengan sebutan SQLi adalah suatu teknik penyerangan web dengan m...