Minggu, 24 November 2019

Proxy Server Debian


KONFIGURASI PROXY SERVER


A.    Pengertian Proxy Server
Pengertian proxy merupakan server yang menyediakan suatu layanan untuk dapat meneruskan tiap-tiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau juga dapat di definisi proxy server merupakan suatu server atau juga program komputer yang memiliki peran yakni sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.
Pada dasarnya proxy server ini digunakan untuk dapat mengamankan jaringan komputer pribadi yang terhubung dengan jaringan publik. Jadi apabila, dari proxy server tersebut maka biasanya server itu diletakkan di antara aplikasi server dengan aplikasi client, yang mana aplikasi client itu berupa web browser, client FTP dan lainnya sedangkan untuk aplikasi server berupa server FTP serta juga web server.
B.     Cara Kerja Proxy Server
Sebenarnya prinsip kerja proxy server ini sangatlah sederhana, yakni pada user menggunakan layanan suatu proxy kemudian meminta file atau juga data yang terdapat di public server (internet) maka proxy ini akan meneruskannya ke internet jadi seolah-olah proxy ini yang memintanya. Dan pada saat proxy server sudah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy ini akan memberikan respon kepada user jadi seolah-olah dialah yang merupakan public servernya.
C.    Konfigurasi Proxy Server

Berikut adalah langkah-langkah konfigurasi proxy server:
1.      Install proxy server menggunakan perintah
#apt-get install squid

2.      Konfigurasi squid dengan mengetikkan perintah
#nano /etc/squid/squid.conf
Lakukan konfigurasi seperti gambar dibawah ini.



Kemudian ketikkan perintah
#squid -z
#nano /etc/squid/url

3.      Lakukan konfigurasi pada file url dengan mengetikkan perintah
#nano url

4.      Konfugurasi pada file key dengan mengetikkan perintah
#nano key

5.      Kemudian lakukan restart pada proxy
# /etc/init.d/squid restart


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TB Keamanan Jaringan

SQL INJECTION A.   Pengertian SQL injection atau biasa yang dikenal dengan sebutan SQLi adalah suatu teknik penyerangan web dengan m...