Minggu, 06 Oktober 2019

DNS Server Clear OS


DNS Server

3.1 Pengertian DNS Server


DNS (Domain Name System) server adalah server yang dapat melayani permintaan dari client untuk mengetahui alamat yang digunakan oleh sebuah domain. Biasanya untuk menggunakan Server DNS, pengguna harus memasukkan alamatnya dari server tersebut dalam pengaturan IP address di komputer. Biasanya provider-provider penyedia jasa internet sudah menyediakan alamat dari DNS server yang bisa digunakan. Jika pengguna menggunakan router, pengguna bisa membuat DNS server sendiri. Selanjutnya alamat dari router tersebut bisa digunakan sebagai DNS di komputer. Namun, yang tetap berperan dalam pencarian alamat IP tetaplah DNS server yang dimiliki oleh provider.
Ketika alamat IP dari sebuah website sudah bisa diketahui, komputer akan melakukan cache DNS. Ketika komputer sudah mengetahui alamat dari sebuah website, komputer akan mengingatnya. Sehingga, jika ingin mengaksesnya kembali tidak perlu lagi melakukan pencarian alamat IP website tersebut.



3.2 Konfigurasi DNS Server
Jika pada konfigurasi awal sudah melakukan penginstalan DNS Server di MarketPlace maka tinggal buka saja pada Network – Infrastructure – DNS Server. Isikan DNS entry yang sudah disediakan. Jika sudah mengisi maka klik “add”.

 


Kemudian lakukan percobaan nslookup pada command prompt, jika muncul nama domain dan ip address yang benar maka konfigurasi yang kita lakukan sudah berhasil.


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TB Keamanan Jaringan

SQL INJECTION A.   Pengertian SQL injection atau biasa yang dikenal dengan sebutan SQLi adalah suatu teknik penyerangan web dengan m...